/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-10/ani974.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-10/ani974.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */ Animated Hello Kitty

Minggu, 30 November 2014

manajemen dan organisasi


MANAJEMEN DAN ORGANISASI

MANAJEMEN
Manajemen merupakan suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan, pengornasiasian, pengarahan dan pengendalian yang dilakukan untuk mencapai sasaran perusahaan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

LATAR BELAKANG SEJARAH MANAJEMEN

1. Manajemen Kuno
Mesir (piramid),  China (Tembok Besar China) dan Bangsa Venesia (lini perakitan kapal perang)

2. Adam Smith
Mempublikasi “The Wealth of Nations” pada tahun 1776, pendukung  konsep pembagian/spesialisasi kerja untuk meningkatkan produktivitas pekerja


FUNGSI DAN PROSES MENAJEMEN
1. Perencanaan
            Diperlukan untuk membawa perusahaan ke tujuan yang ingin dicapai dimasa yang akan datang.
Bentuk-Bentuk Perencanaan :
             1.) Tujuan
            2.) Kebijakan
            3.) Strategi
            4.) Prosedur
            5.) Aturan
             6.) Program
2. Pengorganisasian
            Proses penciptaan hubungan antara berbagai fungsi, personalia, dan faktor-faktor fisik agar pekerjaan yang dilakukan bermanfaat dan terarah pada tujuan.
Kegiatan-kegiatan pengorganisasian :
- Membagi pekerjaan
- Mengelompokkan pekerjaan
- Mendelegasikan wewenang
- Mengembangkan mekanisme koordinasi
3. Pengarahan
            Tugas manajer adalah menyelaraskan tujuan perusahaan dengan tujuan individu agar tidak terjadi konflik dalam organisasi.
Kegiatan pengarahan meliputi :
1. Motivasi
            Proses pemberian motif ( penggerak ) kepada karyawan untuk dapat bekerja, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai secara efisien dan efektif.
Jenis motivasi :
-          Motivasi positif : mempengaruhi orang lain dengan memberikan tambahan tingkat kepuasan
-          Motivasi negatif : mempengaruhi orang lain dengan memberikan ancaman

2. Kepemimpinan
            Kemampuan seseorang untuk mempengaruhi, memotivasi dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.
Ketrampilan seorang pemimpin :
-          Berbagi kekuasaan
-          Intuisi
-          Pemahaman diri
-          Tampakan
Tingkatan manajemen :
-          Manajemen tertinggi
-          Manajemen menengah
-          Manajemen pelaksana
3. Komunikasi
            Proses penyampaian informasi dari pengirim kepada penerima sehingga informasinya dapat dipahami oleh penerima.
Komunikasi dapat berfungsi sebagai :
-          Saran untuk memadukan aktivitas yang terorganisir
-          Sarana penyaluran masukan social ke dalam sistem social
-          Sarana untuk memodifikasi perilaku, mempengaruhi perubahan, dan sarana untuk mencapai tujuan
Komunikasi dalam pelaksanaan kegiatan operasional :
- Komunikasi ke bawah
- Komunikasi ke atas
- Komunikasi horizontal
4. Pengendalian
            Merupakan aktivitas untuk menemukan, mengoreksi adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang dicapai, dibandingkan dengan rencana kerja yang telah ditetapkan sebelumnya.
Langkah-langkah dalam proses pengendalian :
a.) Menetapkan standar dan metode
b.) Mengukur prestasi kerja
c.) Menentukan apakah prestasi kerja memenuhi standar
d.) Mengambil tindakan koreksi

ORGANISASI
Organisasi adalah bentuk perserikatan untuk mencapai tujuan bersama. Ada tiga unsur penting organisasi, yaitu :
-          Adanya sekelompok orang
-          Adanya hubungan dan pembagian kerja
-          Adanya tujuan yang ingin dicapai
Dalam pelaksanaanya organisasi dibedakan menjadi :
1.) Organisasi formal : sistem tugas, hubungan yang wewenang, tanggung jawab, dan pertanggungjawaban yang dirancang oleh manajemen agar pekerjaan dapat dilakukan
           
2.) Organisasi Informal : jaringan hubungan pribadi dan social yang umumnya dilakukan atas dasar aturan formal.

BENTUK – BENTUK ORGANISASI
1.) Organisasi Garis
            Pada organisasi jenis ini, garis bersama dari kekuasaan dan tanggung jawab bercabang pada setiap tingkat pimpinan, dari yang teratas sampai yang terbawah.
Kebaikan organisasi garis:
·         Kesatuan dalam pimpinan dan perintah
·         Pengambilan keputusan lebih cepat
·         Solidaritas karyawan tinggi
·         Biaya rendah
Kelemahan organisasi garis :
·         Terlalu bergantung pada pimpinan
·         Adanya kecenderungan pimpinan untuk bertindak otokratis
·         Perkembangan kesempatan karyawan terbatas
2.) Organisasi Garis dan Staf
            Banyak digunakan oleh perusahaan besar yang daerah usahanya luas serta memiliki bidang tugas yang kompleks.
Kebaikan organisasi garis dan staf :
·         Relevan untuk peruahaan besar
·         Keputusan lebih rasional
·         Dapat mewujudkan The Right Man In The Right Place
Kelemahan organisasi garis dan staf :
·         Organisasinya rumit
·         Koordinasi susah diterapkan
·         Solidaritas sesame karyawan berkurang

 Organisasi Fungsional                           
            Organisasi ini didasarkan atas fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi tersebut. Dalam organisasi fungsional, seorang karyawan tidak bertanggung jawab kepada satu atasan saja.
Kebaikan organisasi fungsional :
-           Pembagian tugas jelas
-          Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan
-          Masing-masing fungsi dipegang oleh orang yang ahli
Kelemahan organisasi fungsional :
-          Tidak ada kesatuan perintah
-          Karyawan yang telah ahli sulit bekerja sama

PRINSIP – PRINSIP ORGANISASI
1. Perumusan tujuan dengan jelas
2. Pembagian tugas
3. Delegasi kekuasaan
4. Rentangan kekuasaan
5. Tingkat-tingkat pengawasan
6. Kesatuan perintah dan tanggungjawab
7. Koordinasi





SUMBER :
M. Fuad, Christine H, Nurlela, Sugiarto, Paulus YEF, Pengantar Bisnis, Gramedia, Jakarta, 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar