/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-10/ani974.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-10/ani974.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */ Animated Hello Kitty

Kamis, 27 November 2014

pemasaran

PEMASARAN
Pasar Dan Pemasaran
Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli,sedangkan pemasaran adalah proses perpindahan barang atau jasa dari produsen ke konsumen.
Jenis-Jenis  Pasar
1.       Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya
misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
2.       jenis pasar menurut bentuk kegiatannya.
Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak).
3.       Jenis pasar menurut cara transaksinya.
Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
4.      Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
-          Pasar Lokal
-          Pasar Daerah
-           Pasar Nasional dan
-           Pasar Internasional
Konsep – Konsep Inti Pemasaran
-          Kebutuhan
-          Keinginan
-          Permintaan pasar
-          Produk
-          Petukaran
-          Transaksi
-          Pasar
Manajemen Pemasaran
Keadaan permintaan  dan tugas pasar
-          Permintaan negative
-          Tidak ada permintaan
-          Permintaan terpendam
-          Permintaan yang menurun
-          Permintaan tidak teratur
-          Permintaan penuh
-          Permintaan yang berlebihan
-          Permintaan yang tidak sehat

Para manajer pemasaran melaksanakan tugas – tugas ini dengan melakukan riset pasar,membuat perencanaan, implementasi,dan melakukan pengendalian pasar.
Falsafah manajemen pemasaran
Kegiatan pemasaran disuatu perusahaan harus diorganisasikan dan dikelola dengan baik,artinya pimpinan harus merencanakan pemasaran secara menyeluruh.
Falsafah tersebut diimplementasikan dalam bentuk konsep yaitu :
-          Konsep produksi
-          Konsep produk
-          Konsep penjualan
-          Konsep pemasaran
-          Konsep pemasaran kemasyarakatan
Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain. Ada empat kebijakan pemasaran yaitu :
-          Produk
Produk adalah barang atau jasa yang bias ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian,permintaan,pemakaian,atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan.
-          Harga
Harga adalah sejumlah kompensasi uang maupun barang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang atau jasa.
-          Saluran distribusi
Saluran distribusi adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk sampai ke konsumen atau berbagai aktifitas perusahaan yang mengupayakan agar produk sampai ke tangan konsumen.
-          Promosi
Promosi adalah bagian dari bauran pemasaran yang besar peranannya.promosi merupakan kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilakukan perusahaan untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.
Tujuan Sistem Pemasaran
Sistem pemasaran melibatkan banyak kegiatan pemasaran yang mempengaruhi banyak pihak seperti pembeli dan  penjual.
Ada empat alternative yang menjadi tujuan sistem pemasaran :
-          Memaksimalkan konsumsi
-          Memaksimalkan kepuasan konsumen
-          Memaksimalkan pilihan
-          Memaksimalkan kualitas hidup

Pendekatan Dalam Mempelajari Pemasaran
-          Pendekatan serba barang
Merupakan pendekatan yang melibatkan studi tentang bagaimana produk – produk tertentu berpindah dari produsen ke konsumen.
-          Pendekatan institusi
Pendekatan serba lembaga ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
-          Pendekatan fungsional
Fungsi pokok pemasaran adalah : penjualan,pembelian,pengangkutan,penyimpanan,pembelanjaan , penanggungan resiko, standarisasi,dan grading serta pengumpulan informasi pasar.
-          Pendekatan manajerial
Pendekatan ini mempelajari dan menekankan masalah – masalah pemasaran yang di hadapi produsen.
-          Pendekatan social
Pendekatan social memberikan perhatian pada konstribusi social dan biaya yang timbul akibat aktivitas pemasaran seperti efisiensi pasar,keusangan produk,ataupun kebenaran iklan.


 referensi :
M.Fuad, Chrisine H,Nurlela, Sugiarto, Paulus YEF, Pengantar Bisnis , Gramedia , Jakarta,2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar