/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-10/ani974.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-10/ani974.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */ Animated Hello Kitty

Selasa, 31 Maret 2015

Sistem perekonomian China


Sistem Perekonomian China
A.  Arti Sistem
Sistem merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.
B.  Perkembangan Sistem Perekonomian Pada Umumnya
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem tersebut.
Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar (market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.
Perekonomian terencana
Ada dua bentuk utama perekonomian terencana, yaitu komunisme dan sosialisme. Sebagai wujud pemikiran Karl Marx, komunisme adalah sistem yang mengharuskan pemerintah memiliki dan menggunakan seluruh faktor produksi. Namun, lanjutnya, kepemilikan pemerintah atas faktor-faktor produksi tersebut hanyalah sementara; Ketika perekonomian masyarakat dianggap telah matang, pemerintah harus memberikan hak atas faktor-faktor produksi itu kepada para buruh. Uni Soviet dan banyak negara Eropa Timur lainnya menggunakan sistem ekonomi ini hingga akhir abad ke-20. Namun saat ini, hanya Kuba, Korea Utara, Vietnam, dan RRC yang menggunakan sistem ini. Negara-negara itu pun tidak sepenuhnya mengatur faktor produksi. China, misalnya, mulai melonggarkan peraturan dan memperbolehkan perusahaan swasta mengontrol faktor produksinya sendiri.
Sistem ekonomi tradisional
Pada kehidupan masyarakat tradisional berkembang suatu sistem ekonomi tradisional. Dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan bergantung pada sumber daya alam. masyarakat juga memproduksi barang pemenuh kebutuhan yang di produksi hanya untuk kebutuhan tiap-tiap rumah tangga. dengan demikian rumah tangga dapat bertindak sebagai konsumen, produsen, dan keduanya.
Perekonomian pasar
Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.
Perekonomian pasar campuran
Perekonomian pasar campuran atau mixed market economies adalah gabungan antara sistem perekonomian pasar dan terencana. Menurut Griffin, tidak ada satu negara pun di dunia ini yang benar-benar melaksanakan perekonomian pasar atau pun terencana, bahkan negara seperti Amerika Serikat. Meskipun dikenal sangat bebas, pemerintah Amerika Serikat tetap mengeluarkan beberapa peraturan yang membatasi kegiatan ekonomi. Misalnya larangan untuk menjual barang-barang tertentu untuk anak di bawah umur, pengontrolan iklan (advertising), dan lain-lain. Begitu pula dengan negara-negara perekonomian terencana. Saat ini, banyak negara-negara Blok Timur yang telah melakukan privatisasi—pengubahan status perusahaaan pemerintah menjadi perusahaan swasta.

C.   PERKEMBANGAN SISTEM PEREKONOMIAN CHINA
Ekonomi Republik Rakyat China ialah ekonomi kedua terbesar di dunia mengikut KDNK sama ada dari segi nominal maupun PPP selepas Amerika Syarikat. Ia merupakan ekonomi utama dunia yang pesat berkembang, dengan purata pertumbuhan ekonomi 10% untuk 30 tahun yang lepas.
China juga merupakan pengeksport terbesar dan pengimport kedua terbesar barangan di dunia. Enam rakan dagangan utamanya (A.S., Jepun, Hong Kong, Korea Selatan, Taiwan, Jerman) membentuk lebih 50% daripada jumlah perdagangan antarabangsa China.
China dari dahulu memang sangat terkenal dengan istilah Negara komunis, Negara yang semua perekonomiaanya diatur oleh Negara dan warga Negara yang menentangnya akan dihukum jadi tidak boleh ada salah satu warganya yang menentang kebijaksanaan yang dikeluarkan oleh pemerintahannya. China juga membungkam atau mengekang pers di negaranya sendiri. Organisasi Reporters Sans Frontieres (RSF) yang berkedudukan di Paris pada 4 Januari 2006 silam juga melaporkan bahwa kasus penahanan terhadap wartawan sepanjang tahun 2005 paling banyak terjadi di China. (Kompas, 5 Januari 2006). Data yang dikumpulkan organisasi reporter lintas negara itu menunjukan sampai 1 Januari 2006 lalu, jumlah wartawan yang ditahan di negara komunis itu sebanyak 32 orang. Di sini media diberi pengawasn yang ketat.  Pembredelan dan penyitaan terhadap media juga biasa dilakukan. Tetapi sekarang china merubah sistem perokonomiannya kearah yang lebih baik lagi, tidak ada lagi pengekangan terhadap pers, memberi kebebasan kepada warga Negara untuk mengatur perekonomiaanya sendiri. menambah kuasa pegawai tempatan dan pengurus kilang dalam industri, dan membenarkan pelbagai pengusahawanan dalam servis dan perkilangan ringan, dan membuka ekonomi kepada perdagangan dan pelaburan luar. Kawalan harga juga telah dilonggarkan. Ini telah mewujudkan penukaran sistem ekonomi berasaskan komunis kepada sistem ekonomi campuran komunis dan kapitalisme.
Pada beberapa tahun terakhir China telah menegaskan lebih lanjut target dan tugas penyempurnaan sistem ekonomi pasar sosialis yaitu suatu pasar ekonomi dimana kepemilikan publik merupakan arus utama, sebagai bukti bahwa antara tahun 1989 sampai 2001, jumlah perusahaan negara anjlok dari 102.300 buah menjadi 46.800. Sedangkan jumlah perusahaan swasta meledak dari 90.000 buah menjadi lebih dari 2 juta buah. Hal ini sesuai dengan tuntutan mempertimbangkan secara menyeluruh perkembangan kota dan desa, perkembangan regional, perkembangan sosial dan ekonomi, perkembangan harmonis antara manusia dan alam, serta perkembangan di dalam negari dan keterbukaan terhadap dunia luar, mengembangkan peranan dasar pasar dalam alokasi sumber daya, meningkatkan vitalitas dan daya saing perusahaan, menyempurnakan pengontrolan makro negara, menyempurnakan fungsi pemerintah di bidang pengelolaan sosial dan layanan umum, dan memberikan jaminn sistem yang kuat kepada pembangunan masyarakat cukup sejahtera secara menyeluruh.
Kemudian china berusaha menyempurnakan sistem pokok ekonomi di mana ekonomi milik negara merupakan bagian utama dan ekonomi multi kepemilikan berkembang bersama, mendirikan sistem yang menguntungkan untuk mengubah struktur ekonomi dualis antara kota dan desa, membentuk mekanisme yang mendorong perkembangan harmonis ekonomi regional, membangun sistem pasar modern yang seragam, terbuka dan bersaing secara tertib, menyempurnakan sistem pengontrolan makro, sistem pengelolaan administrasi dan sistem hukum ekonomi, menyempurnakan sistem penempatan kerja, distribusi pendapatan dan jaminan sosial, dan mendirikan mekanisme yang mendorong perkembangan yang berkelanjutan di bidang ekonomi dan sosial. Dengan adanya data seperti diatas maka china dapat digolongkan ke dalam Negara yang juga menganut sistem perekonomian sosialis.
Dan ini sangat memberi pengaruh terhadap perekonomian china sampai- sampai amerika serikat yang notabene adalah Negara adidaya tidak berdaya menghadapi perekonomian china yang memiliki nilai kemajuan ekonomi sangat pesat berkat sistem ekonomi yang mereka anut, sebenernya kita harusnya belajar dari china bukan malah belajar dari amerika serikat yang sekarang ini sedang mengalami krisis hebat.   Sekarang China juga sedang membuka pasar ekonomi bebas, yang artinya mereka membuka perekonomian untuk siapapun demi tercapainya kesehjahteraan bagi masyarakatnya. Pasar bebas sendiri merupakan ciri dari system ekonomi liberalisme atau kapitalisme. Jadi sistem ekonomi china adalah sistem ekonomi campuran antara sosialis, kapitalisme, dan komunisme.
* China Modern Economy
1. Perkembangan Ekonomi China di abad 21.
Reformasi China yang dimulai pada tahun 1978 telah membuat pertumbuhan investasi, konsumsi, dan standar hidup di China mengalami peningkatan yang signifikan. Namun, masih banyak orang China yang belum dapat menikmati hasil dari perkembangan perekonomian. Perekonomian China sebenarnya belum sepenuhnya bebas karena pemerintah yang berkuasa saat ini yaitu Partai Komunis China masih turun secara langsung mempengaruhi pertumbuhan ekonominya dengan beberapa perusahaan milik pemerintah China. Misalnya pada saat krisis 2008-2009, pemerintah secara hati-hati bertindak langsung dalam menangani krisis di China, sehingga China dapat tumbuh positif pada saat itu. Dengan kombinasi mekanisme pasar dan peran pemerintah yang tepat membuat perekonomian China dapat terhindar dari krisis 2008-2009
Perekonomian China telah mengalami perkembangan pesat seiring dengan perekonomian yang menjadi lebih terbuka yang dipelopori oleh Deng Xiaoping. Berdasarkan data dari Wikipedia, pada tahun 2010 Republik Rakyat China atau RRC telah menjadi negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia dari segi GDP dan keseimbangan belanja setelah Amerika Serikat. Dengan demikian China secara perlahan telah menggeser posisi Jerman di peringkat ketiga dan Jepang di peringkat kedua.
Pesatnya perkembangan ekonomi China ditopang dengan pertumbuhan ekonomi nya yang merupakan tertingi di dunia dengan pertumbuhan rata-rata 10% dalam 30 tahun terakhir. Selain itu, China juga merupakan negara kreditur terbesar di dunia dan memiliki kira-kira 20,8% dari kepemilikan asing obligasi pemerintah Amerika Serikat. Dan banyak lembaga internasional seperti IMF, World Bank, dan Standard Chartered Bank yang memprediksi perekonomian China akan menyamai Amerika Serikat pada tahun 2020.
2. Permasalahan Perekonomian Di China
·         Kepemilikan Pemerintah Masih Mendominasi
Hampir semua lembaga keuangan di China dimiliki oleh negara dan sekitar 98% aset perbankan merupakan milik pemerintah. Di tahun 2012, perusahaan miliki pemerintah (BUMN) menjadi tulang punggung ekonomi di China yang memproduksi lebih dari 50% barang dan jasa dan memperkerjakan setengah dari jumlah tenaga kerja di China. Perusahaan milik pemerintah yang terbesar adalah State Grid Corporation of China dan China National Petroleum Corporation and Sinopec. Sedangkan ditahun 2011, 35% aktivitas bisnis dan 43% keuntungan yang dikuasai oleh perusahaan milik pemerintah China. Sehingga The New York Times mengkritik bahwa perusahaan milik pemerintah telah melakukan korupsi dan kolusi oleh pihak keluarga yang memperkaya diri mereka.
·         Ketimpangan Pembangunan Regional
Ketimpangan pembangunan di China terjadi antara regional bagian Barat (Tibet) dan regional Timur (Pantai Timur China). Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan perekembangan sitem transportasi di China, perbedaan sumber daya alam dan manusia disetiap daerah, dan perbedaan infrastruktur industri menjadi penyebab signifikan perbedaan perekonomian di China. Pemerintah lebih cenderung memperhatikan daerah pantai timur China dibandingkan daratan China disebelah barat. Sehingga pemerintah China saat ini telah fokus pada pengembangan 3 proyek yang menghubungkan antara China Timur dan China Barat. Ketiga proyek tersebut adalah the West-to-East Electricity Transmission, the West-to-East Gas Transmission, dan the South-North Water Transfer Project.
·         Kemiskinan
Golongan kelas menengah di China memang semakin meningkat. Namun, sekitar 75 juta orang yang umumnya tinggal di pedesaan masih hidup dalam kemiskinan dengan penghasilan 31 sen perhari. Peningkatan golongan kelas menengah yang mendapatkan keuntungan lebih sebenarnya dapat menyebabkan disparitas antara yang kaya dan yang miskin. Sekitar 50% pajak individu dimanfaatkan hanya pada kalangan tertentu dan parahnya lagi, sekitar 80% perusahaan privat menghindar untuk membayar pajak.
Selain itu, jumlah penduduk yang semakin meningkat di China menyebabkan mencari pekerjaan di China bukanlah hal yang mudah. Bahkan untuk bekerja diladang-ladang pertanian juga sangat susah karena strutur tanah di China kurang subur untuk bertani. Sehingga banyak orang pedesan yang melakukan urbanisasi ke kota dan meninggalkan lahan-lahan pertaniananya. Dan akhirnya kesejahteraan di pedesaan semakin tertinggal dengan daerah perkotaan.
·         Kerusakan Lingkungan
Industrialisasi besar-besaran sebenarnya tidak hanya memberikan dampak positif bagi perekonomian negara. Namun, Industrialisasi juga memberikan dampak berupa semakin terbatasnya sumber daya dan kerusakaan pada lingkungan. Kerusakan lingkungan di China disebabkan karena Industrialisasi yang tidak hanya terjadi di perkotaan melainkan di pedesaan juga. Sehingga kerusakan lingkungan di China sebenarnya telah menyebar ke berbagai daerah di China.
Sejak tahun 1980an di China telah mengalami perkembangan industrialsisasi yang pesat. Hal ini menyebabkan polusi udara yang parah dan degradasi hutan. Selain itu masalah limbah industri juga menjadi masalah karena tidak hanya menyebabkan kerusakan lingkungan tetapi juga membahayakan masyarakat sekitar perusahaan. Beberapa limbah pabrik seperti pabrik bahan-bahan kimia dapat membahayakan kesehatan masyarakat sekitar pabrik.
Banyak masyarakat yang memprotes pengusaha yang mendirikan di daerahnya. Sehingga dibuat sebuah aturan bahwa batas jarak antara perusahaan dan perkampungan warga harus sekitar 800 m. Namun, banyak perusahaan yang melanggarnya. Masyarakat protes terhadap pendirian perusahaan yang melanggar aturan tersebut karena dapat membahayakan mereka dan menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti kanker. Namun hal tersebut tidak diperhatikan oleh pemerintah setempat. Sehingga dampaknya tingkat kematian akibat limbah pabrik semakin tinggi di China.
Selain itu, limbah-limbah yang dihasilkan tidak hanya dihasilkan oleh perusahaan, tetapi juga oleh negara lain diluar China seperti Amerika serikat, Australia, dan Jepang. Limbah-limbah tersebut berupa perangkat komputer maupun gadget lainnya yang sudah tidak terpakai lagi. Dan dari limbah-limbah tersebut, masyarakat mengolahnya kembali untuk diproduksi kembali oleh perusahaan. Banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa limbah-limbah tersebut sebenarnya dapat membahayakan kesehatan mereka.
Latar belakang
Parti Komunis China (CCP) menformulakan dasar ekonominya sebagai sesuatu yang sosialis 'dengan karekter China'. Dimulai dengan tahun 1978 kepemimpinan China telah mereformasikan sektor ekonominya daripada suatu yang berasaskan sistem ekonomi kawasan pusat ala Soviet kepada suatu yang lebih kapitalis akan tetapi masih di bawah kawalan politik CCP. Kearah ini pentadbiran menukar ke sistem responsibiliti para keluaga dalam pertanian dalam penggantian sistem lama yang berasaskan penggabunggan, menambah kuasa pegawai tempatan dan pengurus kilang dalam industri, dan membenarkan pelbagai pengusahawanan dalam servis dan perkilangan ringan, dan membuka ekonomi kepada perdagangan dan pelaburan luar. Kawalan harga juga telah dilonggarkan. Ini telah mewujudkan penukaran sistem ekonomi berasaskan komunis kepada sistem ekonomi campuran komunis dan kapitalis.
Kerajaan PRC tidak suka menekankan kesamarataan apabila ia mula membangunkan ekonominya, sebaliknya ia menekankan kenaikan taraf pendapatan peribadi dan kebolehan membuat pembelian dan mewujudkan sistem-sistem pengurusan baru untuk meningkatkan produktiviti. Kerajaan juga mengfokus kepada perdagangan antarabangsa sebagai salah satu cara untuk meningkatkan sektor ekonomi, dengan ini ia mewujudkan lebih daripada 2,000 Zon Ekonomi Khas (SEZ) dimana undang-undang mengawal pelaburan telah dilonggarkan untuk menarik pelabur asing. Hasilnya adalah KDNK per kapita yang bertambah empat kali ganda sejak tahun 1978. Pada tahun 1999 pula, dengan jumlah penduduk 1.25 bilion dan KDNK yang hanya AS$3,800 per kapita, PRC menjadi ekonomi keenam terbesar di dunia dalam pertukaran wang asing dan ketiga terbesar di dunia selepas Kesatuan Eropah dan Amerika Syarikat daripada segi kuasa pembelian. Purata pendapatan biasa seorang pekerja China adalah AS$1,300. Perkembangan ekonomi negara ini pula dikatakan adalah terpantas di dunia, dengan pertumbuhan mencecah 8% setiap tahun mengikut statistik kerajaannya. Ini menjadikan China sebagai fokus utama dunia pada masa kini dengan hampir kesemua negara, termasuk negara Barat yang mengritik China, ingin sekali menjalinkan hubungan perdagangan dengannya. China kini adalah ahli Pertubuhan Perdagangan Sedunia (WTO).
Tanah besar China mendapat reputasi sebagai tempat yang berkos rendah untuk menjalankan aktiviti perkilangan, dan ketiadaan persatuan sekerja amat menarik bagi pengurus-pengurus syarikat asing. Seorang pekerja tanpa kemahiran di sebuah kilang China di kawasan kampung menelan belanja yang serendah kurang daripada AS$1/jam, amat kurang berbanding AS$/jam di Amerika Syarikat. Pekerja-pekerja China ini seringkali terpaksa berkerja teruk di kawasan berbahaya dan mudah ditindas majikan kerana tiada undang-undang dan persatuan sekerja yang boleh melindungi hak mereka.
Kos rendah bahan mentah merupakan satu lagi aspek ekonomi China. Ini disebabkan persekitaran kompetitif yang menyebabkan hasil berlebihan yang turut menurunkan kos pembelian bahan mentah. Ada juga kewujudan kawalan harga dan jaminan sumber-sumber yang tinggal daripada sistem ekonomi lama berasaskan Soviet. Apabila negara terus menswastakan syarikat-syarikat miliknya dan pekerja berpindah ke sektor yang lebih menguntungkan, deflationary effect ini akan terus menambahkan tekanan keatas harga dalam ekonomi.
Insentif-insentif cukai turut diberikan sebagai bantuan kewangan kepada sektor perkilangan di China, sama ada untuk barangan eksport ataupun barangan untuk pasaran tempatan. China cuba mengharmonikan sistem cukai dan duti yang ia meletakkan keatas kedua-dua pelabur asing dan pengusaha tempatan. Sebagai hasil, potongan cukai dan duti istimewa yang dinikmati pengeksport di zon ekonomi khas dan bandar persisiran pantai akan dilihat semula. Eksport China ke Amerika Syarikat adalah AS$125 bilion pada tahun 2002 manakala eksport Amerika ke China hanyalah sebanyak AS$19 juta sahaja. Perbezaan jurang yang besar ini meningkatkan kemarahan Amerika Syarikat, akan tetapi bukan salah China yang eksportnya murah dan lebih berkualiti daripada barangan buatan Amerika. Amerika sendiri membeli lebih daripada ia membuat dan sekalipun rakyat China ingin membeli barangan buatan Amerika, mereka tidak dapat melalukan sedemikian kerana harga barangan Amerika terlalu tinggi. Amerika seringkali mendakwa bahawa kadar tukaran wang asing dolar Amerika dan renminbi China yang kononnya tidak adil dan berat sebelah kepada China kerana China mengikat ia kepada kadar tetap lapan renminbi kepada satu dolar. Pada tarikh 21hb Julai 2005, Bank Rakyat China mengumumkan bahawa ia akan membenarkan mata wang renminbi ditentukan oleh pasaran, dan membenarkan kenaikan 0.3% sehari. Eksport negara China ke Amerika Syarikat semakin naik 20% setiap tahun, jauh lebih cepat daripada eksport Amerika ke China. Dengan pemansuhan kuota tekstil, China sudah tentu akan menguasai sebahagian besar pasaran baju dunia.
Pada tahun 2003, KDNK China dalam konteks kuasa pembelian mencapai AS$6.4 trilion, menjadi kedua terbesar di dunia. Dengan menggunakan pengiraan konvensional, ia dirangka pada tangga keenam. Dengan penduduknya yang padat ini masih memberikan KDNK per kapita yang sebanyak AS$ 5,000, atau 1/7 daripada Amerika Syarikat. Laporan rasmi kadar pertumbuhan pada tahun 2003 adalah 9.1%. Ia dianggarkan oleh perisik Amerika CIA pada tahun 2002 pertanian menyumbang sebanyak 14.5% GNP China dan sektor perindustrian dan pembinaan pula 51.7% dan perkhidmatan 33.8%. Purata pendapatan luar bandar adalah satu pertiga daripada di dalam bandar, jurang yang semakin membesar dalam dekad kebelakangan ini.
Oleh sebab saiznya yang amat luas dan budaya yang amat panjang sejarahnya, China mempunyai tradisi sebagai sebuah negara kuasa ekonomi. Dalam kata Ming Zeng, profesor pengurusan di Shanghai, Dalam sesetengah statistik, pada penghujung abad ke-16 sekalipun, China mempunyai satu pertiga KDNK. Amerika Syarikat yang gagah pada masa kini pula hanya mempunyai 20%. Jadi, jika anda membuat perbandingan sejarah ini, tiga atau empat ratus tahun terdahulu, China tentulah kuasa terbesar dunia. Percubaan mewujudkan semula keadaan yang menbanggakan ini sudah tentu adalah salah suatu matlamat orang China. Maka tidak hairanlah fenomena kebanjiran orang bukan China dunia yang lain mahu mempelajari Bahasa Cina ini dan kegerunan Amerika dan Barat terhadap China secara amnya berlaku pada senario politik dunia pada hari ini.
Akan tetapi, jurang pengagihan kekayaan diantara persisiran pantai dan kawasan pendalaman China masih amat besar sekali. Untuk menandingi keadaan yang berpotensi mengundang bahaya ini, kerajaan melaksanakan strategi Pembangunan Bahagian Barat China pada tahun 2000, Pembangunan Semula China Timur Laut pada tahun 2003, dan Kenaikan Kawasan China Tengah pada tahun 2004, kesemuanya bertujuan membantu kawasan pendalaman China turut membangun bersama.

D.  Para Pelaku Ekonomi

Para pelaku atau aktor banyak sekali jumlahnya dalam seluruh kegiatan ekonomi ini. Namun, sekalipun jumlah subyek-subyek  ekonomi itu banyak sehingga tidak mungkin terhitung lagi, pada hakekatnya mereka itu hanya terbagi menjadi 2 kelompok saja dengan dua cara pembagian pula. 

Pembagian yang pertama, 
bahwa para pelaku di dalam kegiatan ekonomi dibagi menjadi dua yaitu :
  1.  Kaum produsen yaitu mereka yang di dalam suatu proses perekonomian berfungsi sebagai pihak yang menyediakan barang dan jasa.
  2. Kaum konsumen yaitu para pemakai barang dan jasa yamg dihasilkan oleh kaum produsen.
Kedua pihak ini adalah dua pihak yang serentak harus ada dalam setiap perekonomian. Dalam suatu perekonomian akan timbul suatu jabatan rangkap artinya mungkin saja atau bahkan mungkin sekali seseorang menjadi produsen dan konsumen sekaligus. Misalkan seseorang pembuat sepatu adalah seorang produsen tetapi ia pun juga seorang konsumen sebab ia perlu makan, pakaian dan sebagainya.

Satu-satunya pihak yang tidak dapat melakukan konsumsi adalah business. Setiap business apapun bentuknya dapat dan pasti melakukan produksi, tetapi tidak dapat melakukan konsumsi, yang dapat dilakukan disamping produksi adalah melakukan investasi (investmen). Direktur business, manajer dan karyawan dapat mengkonsumsi untuk keperluan hidupnya sehari-hari, tetapi yang mengkonsumsi adalah individu-individu, dan bukan businessnya.

Pembagian yang kedua  
pembagian pelaku-pelaku kegiatan ekonomi ke dalam dua pihak yang lain yaitu :

Pemerintah.

Pemerintah merupakan penguasa (authority) di dalam perekonomian. Bentuk-bentuk kekuasaan pemerintah di lapangan perokonomian , seperti yang dikemukakan Meade adalah sebagai berikut :
  1. Banking System (Sistem Perbankan) atau Monetary Authority  (Penguasa Moneter). Adalah lembaga-lembaga yang bertugas untuk menetapkan dan mengendalikan banyaknya uang yang beredar di dalam masyarakat.
  2. Fiscal Authority (Penguasa Fiskal). adalah bentuk kekuasaan pemerintah yang berhubungan dengan masalah perpajakan. Yang dimaksud dengan istilah penguasa fiskal adalah semua lembaga pusat maupun daerah yang bertugas untuk mengatur penerimaan dan pengeluaran dana-dana pemerintah.
  3. Comercial Authority (penguasa Perdagangan)., yaitu suatu bentuk kekuasaaan pemerintah mengatur lalu lintas perdagangan , misalnya pengatur ekspor, impor, jenis barang dagangan, pengaturan para pedagang dan lain-lainnya.
  4. Exchange Controll (Pengendali Devisa), adalah kekuasaan pemerintah yang bertanggung jawab atau yang mengatur pelembagaan serta bekerjanya setiap kontrol atau pengendalian pemerintah atas pembayaran-pembayaran yang dilakukan oleh suatu daerah.
Swasta

Pihak swasta diperkenankan untuk melakukan apapun, untuk memenuhi kebutuhan serta untuk mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya (laba maksimum atau maximum profit), dalam usaha sekedar tidak menyalahi kekuasaan pemerintah dan menggangu kepentingan umum. 

Barang dan Jasa

    Barang adalah setiap benda yang dibutuhkan manusia karena berguna atau bermanfaat (useful).
    Barang berguna bagi manusia karena beberapa sebab, yaitu :
  1. Form Utilty (berguna karena bentuknya). Maksudnya adalah bahwa sesuatu barang itu menjadi berguna bagi manusia sebab bentuknya memenuhi syarat,atau sesuatu benda menjadi berguna bagi manusia setelah bentuknya diubah untuk disesuaikan dengan keadaan.
  2. Time Utility (berguna karena waktu) bahwa sesuatu barang manjadi bermanfaat bagi manusia karena segera digunakan atau karena dsimpan terlebih dahulu untuk nanti digunakan pada saat yang tepat .
  3. Place Utility (berguna karena tempatnya) artinya sesuatu barang mejadi bermanfaat bagi manusia karena tempatnya atau karena sudah dipindahkan tempatnya.
  4. Own Utility  (berguna karena kepemilikannya) artinya  sesuatu barang mejadi bermanfaat bagi manusia karena barang tersebut dimiliki dan tidak lagi (atau : kurang ) berguna jika tidak dimiliki
  5. Element Utilty (Berguna karena unsurnya). Misalnya, tanah di Kalimantan Barat yang amat besar kadar humusnya, tanah di Saudi Arabia yang mengandung emas hitam atau emas cair atau minyak tanah.
Barang dibagi menjadi tiga yaitu :

Pembagian barang menurut penyediannya dibagi menadi dua yaitu : 
  1. Barang-barang bebas (Free Goods) yaitu barang-barang yang tersedia berlimpah-limpah, dan setiap orang dapat memperolehnya dengan bebas dengan cara yang terlampau mudah.
  2. Barang-barang ekonomi (Economic Goods) yaitu barang-barang yang penyediaanya relatif jarang atau langka (scarce)
Pembagian barang menurut daya tahannya di bagi menjadi : 
  1. Barang-barang tahan lama (durable goods) adalah barang-barang yang bisa dipakai lebih dari sekali.
  2. Barang-barang tidak tahan lama (perishable goods atau non durable goods) adalah barang-barang yang akan segera lenyap atau habis dengan sekali pakai saja.

Pembagian barang menurut penggunanya di bagi menjadi dua pula yaitu : 
  1. Barang-barang konsumsi (consumption goods) adalah barang-barang yang langsung dapat dipakai atau dinikmati.
  2. Barang-barang investasi (Investment goods) adalah barang-barang yang hanya dapat dinikmati hasilnya; jadi bukan barang itu sendirilah yang dinikmati, melainkan hasilnya.
Barang (goods) dan jasa (service).  Jasa (service) adalah tidakan-tindakan ekonomis, yang dilakukan oleh individu-individu maupun oleh bisnis serta mampu memenuhi kebutuhan manusia. Untuk selanjutnya dan pada umumnya di beberapa literatur menyebutkan good berarti di dalamnya termasuk barang jasa Perbedaan baran dan jasa adalah :
v  Perbedaan Teknis
Ø  Barang berwujud dan jasa tidak berwujud
v  Perbedaan ekonomi
Barang terdapat tenggang waktu antara produksi dan konsumsi sedangkan jasa tida ada tenggang waktu antara produksi dan konsumsi

Perkembangan Strategi Dan Perencanaan Pembangunan Ekonomi China

A.       Macam -  Macam Strategi Pembangunan Pembangunan Ekonomi

Dalam mempelajari perekonomian suatu Negara, salah satu konsep yang penting untuk diperhatikan yaitu mengetahui strategi pembangunan ekonomi. menurut Suroso ( 1993 ) strategi pembangunan ekonomi diberi batasan sebagai suatu tindakan pemilihan atas factor  – 
 factor ( variable ) yang akan dijadikan factor / variabel utama yang menjadi penentu jalannya  proses pertumbuhan. adapun beberapa strategi pembangunan ekonomi yaitu :

1.Strategi pertumbuhan

Adapun inti dari konsep strategi yang pertama ini adalah :
Strategi pembangunan ekonomi suatu negara akan terpusat pada upaya pembentukan modal, serta bagaimana menanamkannya secara seimbang, menyebar, terarah dan memusat, sehingga dapat menimbulkan efek pertumbuhan ekonomi.
 

Selanjutnya bahwa pertumbuhan ekonomi akan dinikmati oleh golongan lemah melalui proses merambat ke bawah ( trickle  –  down  –  effect ) pendistribusian kembali.

Jika terjadi ketimpangan atau ketidakmerataan hal tersebut merupakan syarat terciptanya pertumbuhan ekonomi.

Kritik paling keras dari strategi yang pertama ini adalah bahwa pada kenyataan yang terjadi adalah ketimpangan yang semakin tajam. 2.

2.strategi dengan pembangunan pemerataan

Inti dari konsep strategi ini adalah dengan ditekankannya peningkatan pembangunan melalui teknik sosial engineering, seperti halnya melalui penyusunan perencanaan induk, dan paket program terpadu. 3.

3.strategi ketergantungan

 Tidak sempurnanya konsep strategi pertama dan kedua mendorong para ahli ekonomi mencari alternatif lain sehingga pada tahun 1965 muncul strategi pembangunan dengan nama strategi ketergantungan. Inti dari konsep strategi tergantungan adalah :
 Kemiskinan di negara  – negara berkembang lebih disebabkan karena adanya ketergantungan negara tersebut dari pihak / negara lainnya. oleh karena itu jika suatu  Negara ingin terbebas dari kemiskinan dan keterbelakangan ekonomi, Negara tersebut harus mengarahkan upaya pembangunan ekonominya pada usaha melepaskan diri dari ketergantungan dari pihak lain. langkah yang dapat ditempuh diantaranya adalah : meningkatkan produksi nasional yang disertai dengan peningkatan kemampuan dalam  bidang produksi, lebih mencintaiproduk nasional, dan sejenisnya.

Teori ketergantungan ini kemudian dikritik oleh Kothari
dengan mengatakan “…….
Teori ketergantungan tersebut memang cukup relevanm namun sayangnya telah mnjadi semacam dalih terhadap kenyataan dari kurangnya usaha untuk membangun masyarakat sendiri (Self Development). sebab selalu akan gampang sekali bagai kita untuk menumpahkan semua kesalahan pada pihak luar yang memeras, sementara  pemerasan yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat kita sendiri dibiarkan saja
…….” (Kothari dalam Ismid Hadad, 1980).

4.strategi yang berwawasan ruang

Strategi ini dikemukakan oleh Myrdall dan Hirschman, yang mengemukakan sebab
 – sebab kurang mampunya daerah miskin berkembang secepat daerah yang lebih kaya / maju. Menurut mereka kurang mampunya daerah miskin berkembang secepat daerah maju dikarenakan kemampuan / pengaruh menyetor dari kaya ke miskin (Spread Effects) lebih kecil daripada terjadnya aliran sumber daya dari daerah miskin ke daerah kaya (Back-wash-effects). Perbedaan pandangan kedua tokoh tersebut adalah, bahwa Myrdall tidak percaya bahwa keseimbangan daerah kaya dan miskin akan tercapai, sedangkan Hirschman percaya, sekalipun baru akan tercapai dalam jangka panjang.
 
5.strategi pendekatan kebutuhan pokok
 Sasaran dari strategi ini adalah menanggulangi kemiskinan secara masal. Strategi ini selanjutnya dikembangkan oleh Organisasi Perburuhan Sedunia (ILO) pada tahun 1975, dengan menekankan bahwa kebutuhan pokok manusia tidak mungkin dapat dipenuhi jika pendapatan masih rendah akibat kemiskinan yang bersumber pada  pengangguran. Oleh karena itu sebaiknya usaha-usaha diarahkan pada penciptaan lapangan kerja, peningkatan kebutuhan pokok dan sejenisnya

    Pada prinsipnya, pemilihan strategi apa yang akan digunakan dalam proses pembangunan sangat di pengaruhi oleh pertanyaan “apa tujuan yang hendak dicapai?”
jika tujuan yang hendak dicapai adalah menciptakan masyarakat yang mandiri, maka strategi ketergantungan-lah yang mungkin akan dipakai. jika tujuan yang ingin dicapai adalah pemerataan pembangunan, maka strategi yang berwawasan ruang-lah yang akan di pergunakan.

Ada 4 faktor yang memperngaruhi strategi pembangunan :
1. Sumber Daya Alam ( SDA ), SDA adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi, jika SDA mencukupi dan di manfaatkan sebaik-baiknya, pembangunan dan pertumbuhan ekonomi suatu Negara akan cepat.
2. Sumber Daya Manusia ( SDM ), SDM merupakan salah satu faktor berikutnyayang sangat penting untuk pembangunan ekonomi, jikasemakin baik SDM, makan akan semakin cepat jalannya suatu pembangunan.

3. Tenaga Ahli, disini tenaga ahli bisa di samakan dengan SDM, tetapi tenaga ahli adalah SDM yang dilatih dan di didik sehingga lebih mempunyai skill dan keterampilan.

Faktor-Faktor Pendukung Pertumbuhan Ekonomi Cina
Perubahan cara berpikir
Perubahan cara berpikir masyarakat China setelah transformasi ekonomiyang dilakukan Deng Xiao Ping tahun 1978 merupakan tahapan penting darikeberhasilan ekonomi China sekarang. Perubahan pola pikir masyarakat Chinayang penting di antaranya adalah ”menjadi kaya merupakan hak kaum sosialis dan kemiskinan bukan bagian dari sosialisme”. Oleh karena itu, tahun 1980, saat China mengembangkan wilayah Shenzhen sebagai Kawasan Ekonomi Khusus.

Penanganan Korupsi
Sama seperti di Indonesia, China pun sebelumnya memiliki penyakit kronis, yakni praktik korupsi. Namun, hal itu secara perlahan bisa diatasi denganmemberikan shock therapy melalui penerapan hukuman mati bagi koruptorberat. Cara lain yang ditempuh China, adalah dengan menempatkan para pejabat pemerintah yang sudah lama dan berpotensi melakukan korupsi ke posisi yang tinggi, tetapi tidak strategis. Posisinya, kemudian digantikan oleh orang-orang muda yang energik dan inovatif.

Reformasi Ekonomi
Kunci keberhasilan pembangunan ekonomi China paling tidak karena tigaaspek. Pertama, visi dan perencanaan pembangunan jangka panjang yang solidmelalui program Rencana Pembangunan Lima Tahun yang berkesinambungan.Kedua, strategi pengembangan pengetahuan dasar. Ketiga, kemajuan ekonomiChina antara lain karena ditopang birokrasi yang kuat dan efektif yang dimotoriPartai Komunis China (PKC). Selain itu, produktivitas sumber daya manusia diChina sangat tinggi yang berakar pada nilai-nilai utama bangsa China yangmenekankan pada ketekunan, kerajinan, hemat, inovatif, disiplin yang tinggi,serta peran warga negara asing keturunan China (huakio). Hal itu semua menjadifaktor pendukung yang sangat positif majunya pembangunan China.Sistem politik dan Pemerintah China lebih mengedepankan statecapitalism ketimbang market capitalism yang dilandasi secara kuat oleh semangat pragmatisme dalam mewujudkan tujuan pembangunannya
Sedangkan negara atau pemerintah serta PKC sangat dominan dalam pengembangan, pengalokasian, serta pengelolaan sumber-sumber alam dan keuangan dalam kegiatan perekonomian nasional ataupun internasional. BUMN China merupakan tulang punggung berbagai aktivitas ekonomi tersebut. DiChina, produk komoditas utama tetap diproteksi negara meskipun ada tuntutanagar patuh pada ketentuan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

C.   Strategi Pembangunan Ekonomi Di China
Produktivitas sumber daya manusia di China sangat tinggi yang berakar pada nilai-nilai utama bangsa China yang menekankan pada ketekunan, kerajinan, hemat, inovatif, disiplin yang tinggi, serta peran warga negara asing keturunan China (huakio). Hal itu semua menjadi faktor pendukung yang sangat positif majunya pembangunan China.

METODE PERENCANAAN PEMBANGUNAN CHINA
Penerapan Rencana Pembangunan Lima Tahun
Sejak tahun 1953-1957, China telah merumuskan strategi pembangunan lima tahunan. Di China, strategi pembangunan selalu dibahas, dievaluasi, dan diperkokoh setiap tahun dalam Kongres Nasional Partai Komunis dengan memerhatikan dinamika dan tantangan perkembangan domestik dan dunia. Tahun 2010, merupakan akhir dari pelaksanaan Repelita ke-11 China.
Repelita itu dijalankan dengan tetap bertumpu dan diarahkan pada pencapaian visi dan tujuan pembangunan tahun 2050 di mana China sudah harus menjadi negara maju. Perencanaan pembangunan nasional China tak bisa dilepaskan dari peran Komisi Nasional Pembangunan dan Reformasi (National Development and Reform Commission/NDRC). NDRC adalah lembaga superministry yang diberi kewenangan menjabarkan visi, misi, dan kebijakan PKC ke dalam perencanaan pembangunan nasional sekaligus memberikan petunjuk/arah bagi berbagai program dan strategi pembangunan ekonomi China, baik jangka pendek, menengah, maupun panjang. Perencanaan dan program kementerian-kementerian lain serta pemerintah daerah harus mengacu pada perencanaan NDRC tersebut. Hal tersebut juga ditopang kebijakan penempatan para pejabat PKC (komisaris) di beberapa jenjang manajemen, baik di lingkungan pemerintah pusat maupun daerah, BUMN, ataupun universitas pemerintah. Hal itu dilakukan untuk menjamin dan mengawasi visi dan program pembangunan nasional agar tidak menyimpang dari garis grand strategy nasional.


D.   PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI NEGARA CHINA
Perencanaan Pembangunan Ekonomi adalah suatu proses yang bersinambung yang mencakup keputusan-keputusan atau pilihan-pilihan berbagai alternatif penggunaan sumber daya dalam mengendalikan suatu perekonomian untuk mencapai sasaran dan tujuan tertentu dalam  jangka waktu agar mencapai tujuan-tujuan pada masa yang akan datang. Pembangunan pada hakekatnya adalah upaya mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia. Pembangunan juga dipandang sebagai peningkatan pertumbuhan ekonomi disertai keadilan sosial secara sadar. Pembangunan (development) secara umum menganut tiga paradigma, yaitu pertumbuhan (growth), perbaikan (improvement), dan perubahan (change). Sebagai suatu proses, maka pembangunan masyarakat tidak terlepas dari aspek manajemen yang menanganinya. Dalam suatu proses manajemen yang umum akan meliputi aspek perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling). Perencanaan (planning) ditinjau dari segi sistem menurut Chadwick (1978) merupakan suatu proses yang bertingkat yang dapat mengontrol suatu susunan kegiatan dimana urutan proses pekerjaan harus dilakukan.

SKALA WAKTU PERENCANAAN PEMBANGUNAN CHINA
China Sebelum Reformasi
China dipimpin oleh Mao Zedong, inti strategi pembangunan Cina di masa Mao, mirip dengan strategi yang dilaksanakan oleh Uni Sovyet: alat-alat produksi dinasionalisasi sebagai milik negara, perencanaan komando terpusat, pembangunan industri-industri berat, perlindungan keamanan tanpa hak-hak politik buruh dan petani, penindasan terhadap level konsumsi buruh dan petani untuk memaksimalkan potensi kelebihan ekonomi, dan konversi kelebihan ekonomi ke dalam investasi tingkat tinggi di bidang manufaktur, dan industri. Dengan jumlah populasi petani yang sangat besar, kolektivisasi pertanian pedesaan menjadi komponen sentral pembangunan Cina. Ekonom Martin Hart-Landsberg dan Paul Burkett, menulis, antara tahun 1953 hingga berakhirnya eraMao, output industri Cina meningkat rata-rata 11 persen per tahun pencapaian ini diraih tanpa ketergantungan terhadap investasi asing. Di bidang pertanian, sebagai dampak dari penerapan sistem komune pedesaan, Adapun di bidang pendidikan, pemerintah membangun sarana pendidikan massal, dan petani Cina memiliki akses yang sangat luas terhadap pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Di bawah Mao, polarisasi sosial yang ekstrim antara si kaya dan si miskin, yang menjadi gambaran abadi struktur sosial pra-revolusi 1949, melenyap. Takheran jika Harry Magdoff dan John Bellamy Foster, menyimpulkan, pada akhir1970-an, Cina sukses membangun struktur masyarakat yang paling egaliter didunia dalam pengertian distribusi pendapatan dan pemenuhan akan kebutuhan dasar. Hal tersebut bukan berarti pembangunan di bawah Mao tidak bermasalah.

Era Reformasi Ekonomi
Deng meluncurkan kebijakan yang disebutnya “Sosialisme Pasar”. Pada kesempatan lain, ia menyebut kebijakannya sebagai “Sosialis medengan karateristik Cina.” Melalui kebijakan ini, ia berpendapat Cina akan sanggup keluar dari kungkungan keterbelakangan dan kemelarataan yang menimpanya. Apapun namanya, dalam Third Plenum Partai Komunis Cina, pada Desember 1979, dicapai keputusan untuk menggunakan kekuatan pasar dalam menggerakkan mesin ekonomi. Untuk itu, ada tiga kebijakan utama yang dicanangkannya, di masa-masa awal kepemimpinannya. Pertama, pada awal 1979, di kota-kota tertentu pemerintah mempromosikan sosialisme pasar guna menciptakan pasar kerja. Pertimbangannya, tanpa kebebasan untuk mengalokasikan “sumberdaya kerja”Upaya penghancuran kekuatan serikat ini, berlanjut pada 1983, ketika pemerintah memutuskan agar perusahaan negara menggaji buruh baru di atas basis kontrak, tanpa jaminan kerja dan kesejahteraan yang selama ini dinikmati oleh buruh perusahaan negara. Hasilnya, pada akhir 1987, perusahaan Negara Cina (China’s state pemerintah kemudian menetapkan empat zona khusus ekonomi di sepanjang pesisir selatan provinsi Guangdong dan Fujian, bagi investor asing. Deng berargumen, kehadiran investorasing akan membantu menciptakan lapangan pekerjaan baru dan membawa masuk teknologi baru, sekaligus menjadi “sekolah” tempat belajar tentang bagaimana mengoperasikan ekonomi pasar. Kebijakan ini kemudian disusul dengan serangkaian kebijakan lain pada 1983 untuk merangsang lebih banyakinvestasi asing langsung masuk, dengan cara menghapuskan pembatasan-pembatasan yang membatasi investor asing untuk melakukan usaha bersamadengan investor domestik, dan juga untuk memuluskan jalan bagi kepemilikaninvestor asing. Langkah ketiga, dalam proses awal reformasi ekonomi ini adalah perintahagar dibubarkannya sistem produksi kolektif dibentuknya system produksi berbasis rumah tangga sebagai ganti sistem produksi berbasis kolektif.

China di Masa Sekarang
Pertumbuhan ekonomi China sejak reformasi ekonomi terus meningkat,melebihi Macan Asia Timur, yaitu Hongkong, Singapore, Korea Selatan, dan Taiwan. Para ekonom memperkirakan Produk Domestik Bruto China tumbuhsebesar 9,5 persen per tahun dari 1978 hingga 2005. Sejak awal reformasi yangdilakukan Deng Xiaoping, PDB China telah meningkat sepuluh kali lipat.
Pertumbuhan Produk Domestik Bruto China 1960 2009Sumber : Bank Dunia. Kini di bawah pimpinan Hu Jintao, Cina terlihat bergerak ke arah yang lebih terbuka dan reform-oriented. Para pengamat menilai pemerintah lebih egaliter dan banyak membuat kebijakan yang populis. Pemerintah meningkatkan subsisdi dan memperhatikan sektor kesehatan, menghentikan privatisasi, dan mengadopsi kebijakan moneter longgar.

KRITIKAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN CHINA
China masih menghadapi berbagai kendala seperti daya beli konsumen yang masih rendah, sehingga permintaan produk-produk dipasaran ti- dak meningkat. Selain itu struktur ekonomi pasar yang dibangun masih belum dilaksanakan secara rasional karena distor si yang dialami sebagai akibat dari peng awasan pemerintah yang cukup ketat.
Persoalan lain adalah kesenjangan pendapatan penduduk antar wilayah di China makin melebar sebagai akibat pembangunan yang cepat, terutama san- gat terasa atara wilayah pantai timur Chi- na yang semakin maju dengan wilayah pedalaman (Barat dan Tengah) yang masih tertinggal. Selain itu ada Enam masalah besar yang menghadang Cina saat ini, yaitu:
1.      transisi yang tidak lengkap,
2.      lingkungan yang rusak,
3.      tak ada sumber pendapatan yang tetap,
4.      melebarnya jurang kaya dan miskin,
5.      tidak cukup persediaan makan, 
6.      dan sengketa perdagangan dengan negara-negara lain.

Enam masalah itu sebenarnya tidak khas Cina, banyak negara sedangberkembang juga menghadapi masalah-masalah itu. Ada masalah lain yangsifatnya jangka panjang, dan ini menyangkut hal-hal yang sifatnya mendasar. Dikatakan, tahun 2020 Cina akan mengalami kekurangan tanah, modal maupun buruh terdidik. Belum lagi masalah-masalah berat yang muncul bila nanti Cina benar-benar telah terintegrasi dengan sistem perdagangan internasional dibawah WTO.

Peta Perekonomian China
A.   Keadaan Geografis China
RRC ialah Republik Rakyat Cina yang sering kita kenal dengan sebutan Cina. RRC adalah negara dengan penduduk terbanyak di dunia lho, yakni lebih dari 1,3 miliar jiwa. Wow, sesuai tidak ya dengan luas geografinya?
RRC adalah negara terbesar se-Asia Timur, dan terluas ketiga di dunia setelah Rusia dan Kanada. Luas wilayahnya ialah 9.600.000 kilometer kuadrat. Dalam per-kilometer persegi diisi oleh 125 jiwa, Sobat Orbit. Wuih, padat sekali!
Letak astronomis Cina berada pada 18 hingga 54 derajat Lintang Utara dan 73 hingga 135 derajat Bujur Timur. Hal ini membuat Cina memiliki dua iklim yang berbeda, yakni iklim sedang atau tepid di bagian Utara dan subtropis di bagian Selatan.
Iklim sedang atau tepid terletak di antara tropika dan lingkaran kutub dengan perubahan musim antara musim panas dan musim dingin biasa sejuk. Sementara iklim subtropis diwarnai dengan gangguan dari alam seperti badai, hujan salju, atau tornado, sebab memiliki empat musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.
Wilayah di Cina Utara relatif datar dan tanahnya berdebu, sedangkan Cina Selatan wilayahnya relatif kasar dan banyak pegunungan. Salah satu titik tertinggi di Cina ialah Gunung Everest, pegunungan Himalaya, sementara di Cina Utara terdapat bentang daratan yang kering dari gurun seperti Gurun Gobi.
Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Cina, Gurun Gobi merupakan sumber utama badai debu yang mempengaruhi Cina dan bagian Asia Timur Laut lainnya seperti Korea dan Jepang. Bahkan, pasir dari kawasan utara di Cina ini telah dilaporkan sampai ke pantai barat Amerika Serikat.
Badai debu telah menjadi biasa dalam musim semi di Cina, karena kemarau panjang dan pertanian yang rendah.
B. MATA PENCAHARIAN
Mata pencaharian utama penduduk Cina adalah pertanian. Jenis tanaman yang banyak diusahakan adalah padi, jagung, gandum, teh, kapas, dan tebu. Cina terkenal sebagai negara peternak ulat sutra dan penghasil bahan baku sutra terbaik di dunia. Cina juga memiliki cadangan mineral dalam jumlah besar, seperti batu bara, grafit, titanium, dan tungsten. Dalam aktivitas sehari-hari, penduduk Cina menggunakan mata uang Yuan.
Ada yang berpendapat  Budaya Masyarakat Negara Cina dalam hal mencari mata pencaharian hidup sebagian besar adalah Berdagang dan selalu bersaing secara bersama sama dalam memenuhi kebutuhan hidup untuk bertahan hidup, maka dari itu Ekonomi Negara cina sangat Maju dan Berkembang sekali secara Mendunia padahal Penduduk di  Negara Cina Berjumlah lebih dari 2 Milyar yang jumalh penduduk Terbesar di Dunia, ini adalah sesuatu yang sangat di banggakan karena dengan jumlah penduduk sebanyak itu tapi Ekonomi di Negara Cina sangat Maju sekali, sekarang Perekonomian Dunia Dapat Di Kuasai Oleh Negara Cina di berbagai Belahan dunia.
Pertanian:
1. Sektor pertanian sudah dikerjakan dengan menggunakan teknologi tinggi.
2. Daerah pertaniannya meliputi: Padi di selatan Peg. Qinling, Guangdong, Guangxi dan Yunnan. Gandum  di sekitar S. Huang dan Cekungan Tarim.
3. Hasil pertaniannya terdiri dari: Padi, gandum, kapas, jagung, murbei, bit gula dan tebu.
Peternakan
Daerah peternakannya meliputi: Cina Utara dan Barat.
Pertambangan
Daerah pertambangan meliputi: Biji besi terbesar terdapat di Anshan, Daye Bautou, dan Lungyan. Batubara berada di utara S. Yangtse. Minyak bumi terdapat di jungaria dan lembah Tsaidam.
Industri
daerah industrinya meliputi: Shanghai, Beijing dan Tianjin.
Hasil industrinya terdiri dari :Sepeda, radio, mesin jahit dan jam.
Perdagangan
Ekspor: tekstil, teh dan buah-buahan dan sayur-sayuran.
Impor: mesin, barang-barang logam, kapas, biji-bijian dan pupuk.
          C.Sumber Daya Manusia 
Sumber daya manusia China, selain sangat produktif juga sangat kreatif dan inovatif, sehingga bisa mengikuti dan mengembangkan teknologi  dan membuat barang-barang dengan cara yang lebih murah.

2 komentar: