/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-10/ani974.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-10/ani974.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */ Animated Hello Kitty

Sabtu, 15 Oktober 2016

Perencanaan Bisnis dan Proposal Bisnis Kentang Puter

Nama               : Ika Amalia
Npm                : 25214123
Mata Kuliah    : Pengantar Bisnis
Dosen              : Dodi Arif

                        Perencanaan Bisnis dan Proposal Bisnis Kentang Puter 

Pengertian Perencanaan Bisnis 
Perencanaan bisnis merupakan pedoman untuk mempertajam rencana-rencana yang diharapkan, karena di dalam perencanaan bisnis ini dapat diketahui posisi perusahaan saat ini, arah dan tujuan perusahaan, dan cara mencapai sasaran yang ingin dicapai.
Agar perusahaan berjalan pada jalan yang benar maka seorang wirausaha harus menyususn Business Plan. Business Plan merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang saran. Pengertian lain dari business plan adalah sebuah selling document yang mengungkapkan daya tarik dan harapan sebuah bisnis kepada penyandang dana potensial.
Menurut Bygrave, 1994 : 441 (dalam Buchari Alma, 2006 : 198) mendefinisikan Business Plan sebagai dokumen yang disediakan oleh enterpreuner yang memuat rincian tentang masa lalu, keadaan sekarang dan kecenderungan masa depan dari sebuah perusahaan. Isinya mencakup analisis tentang manajerial, keadaan fisik bangunan, karyawan, produk, sumber permodalan, informasi tentang jalannya perusahaan selama ini dan posisi pasar dari perusahaan. Business Plan juga berisi tentang rincian profit, neraca pembayaran, proyeksi aliran kas untuk dua tahun yang akan datang. Selain itu juga memuat pandangan dan ide dari untuk dua tahun yang akan datang, pandangan dan ide dari anggota tim manajemen serta menyangkut strategi dan tujuan perusahaan yang hendak dicapai.
Jadi business plan adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsurunsur yang relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memualai suatu usaha. Isi dari business plan sering merupakan perencanaan terpadu yang menyangkut pemasaran, permodalan, manufacturing dan sumber daya manusia.
Di dalam perencanaan bisnis perlu dilakukan analisis kelayakan Usaha, hal ini dikarenakan aspek utama dalam melakukan usaha pertama kali faktor kelayakan perlu diperhatikan dan merupakan hal yang cukup penting. Perencanaan usaha diperlukan dalam kegiatan bisnis yang akan dilakukan maupun yang sedang berjalan agar tetap berada dijalur yang benar sesuai dengan yang direncanakan. Perencanaan usaha merupakan alat yang sangat penting bagi pengusaha maupun pengambil keputusan kebijakan perusahaan. Perencanaan usaha juga dapat dipakai sebagai alat untuk mencari dana dari pihak ketiga. Ada lingkup yang perlu dijelaskan, untuk menuju perencanaan usaha yang optimal. 
b.      Manfaat Perencanaan Bisnis
Perencanaan bisnis merupakan perencanaan yang sangat spesifik. Penyusunannya harus mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan masing-masing bisnis secara individual. Perencanaan bisnis yang baik juga harus menggambarkan dengan jelas karakteristik bisnis yang sedang atau akan dilaksanakan, sehingga pihak-pihak yang tertarik dengan bisnis ini dapat melihat secara transparan dan mengerti secara jelas prospek perkembangan bisnis ini di masa yang akan datang. Perencanaan bisnis diperlukan oleh pihak-pihak tertentu sebagai bahan masukan utama dalam rangka pengkajian ulang, untuk turut serta menyetujui atau sebaliknya menolak laporan tadi sesuai dengan kepentingannya. Pihak-pihak tertentu tersebut antara lain : 
1)      Pihak investor 
Calon investor akan mengetahui tentang keuntungan yang akan diperoleh serta jaminan keselamatan atas modal yang akan ditanamkannya. 
2)      Pihak kreditor (bank) 
Perencanaan bisnis tersebut akan digunakan sebagai bahan untuk pengkajian ulang sebelum memutuskan untuk memberikan kredit atau tidak. 
3)      Pihak manajemen perusahaan
Pembuatan perencanaan bisnis ini merupakan suatu upaya dalam rangka merealisasikan ide proyek yang ujung-ujungnya bermuara pada peningkatan usaha dalam rangka meningkatkan laba perusahaan.
4)      Pihak pemerintah dan masyarakat
Mengetahui proyek-proyek bisnis yang membantu kebijakan pemerintah sehingga menjadi prioritas untuk dibantu. Misalnya dengan subsidi atau keringanan lainnya.
5)      Bagi tujuan pembangunan ekonomi mengetahui biaya dan manfaat tersebut antara lain ditinjau dari aspek rencana pembangunan nasional, distribusi nilai tambah pada seluruh masyarakat, nilai investasi per tenaga kerja, pengaruh sosial, dan analisis pemanfaatannya maupun beban sosial.

Langkah Sederhana Untuk Merencanakan Usaha Bisnis
1.     Deskripsikan Bisnis secara Singkat, Detail dan Jelas
Langkah pertama menyusun perencanaan bisnis ialah menggambarkan bidang usaha yang akan dijalankan. Buat daftar yang singkat, detail dan jelas tentang produk/ jasa yang akan Anda lakukan. Termasuk potensi usaha tersebut saat ini dan di masa mendatang.
Sertakan juga peluang pasar, manfaat untuk konsumen, tempat produksi dan memasarkan, kendala serta tantangan. Langkah ini untuk memudahkan Anda menyelesaikan masalah dan urusan yang perlu di atasi sebelum memasarkan produk/ jasa.
2.       Lakukan Analisa Pasar
Anda perlu memahami seluruh aspek yang memiliki kaitan erat dengan pasar. Hal ini sangat berguna untuk menentukan target pembeli dan target penjualan dalamperencanaan bisnis. Buatlah analisa pasar yang berisi informasi detail tentang kebutuhan konsumen, cara bisnis Anda bertemu pasar, mengiklankan, penyaluran bisnis ke konsumen hingga besaran dana yang akan dikeluarkan.
3.       Analisa Pesaing
Jangan lupa untuk mengenal lebih dalam pesaing bisnis Anda di pasar yang sama. Lakukan analisa dan ketahui apa kekuatan serta kelemahan dari produk/ jasa yang dimiliki pesaing. Dari kekuatan pesaing, Anda bisa membuat strategi pemasaran yang unik dan berbeda. Gunakanlah strategi yang tidak mudah ditiru dan menghadang mereka memasuki jalan Anda.
Sementara dari kelemahan, bisa jadi tolak ukur membuat produk/ jasa yang lebih baik dari pesaing. Satu hal yang pasti, tetaplah jujur dan bertindak realistis pada pihak yang menjadi sumber dana bisnis Anda
4.      Gambarkan Desain dan Pengembangan
Menyusun perencanaan bisnis juga perlu membuat gambaran desain dan pegembangan. Hal ini bisa menunjukkan tahap perencanaan dan grafik pengembangan dalam onteks penjualan dan produksi. Gambaran ini juga sangat bermanfaat untuk membuat rencana anggaran sesuai kebutuhan.
5.      Gambarkan Operasional dan Manajemen
Untuk langkah yang ini fungsinya ialah untuk keberlanjutan bisnis Anda. Gambaran rencana operasional dan manajemen berfokus pada logistik. Seperti pembagian tugas dan tanggung jawab tim manajemen, prosedur penugasan, pengeluaran operasional dan anggaran yang dibutuhkan.
Anda juga perlu menonjolkan pengalaman tim manajemen untuk membangun hubungan dengan investor. Para investor tentu ingin tahu kemampuan dna kekuatan tim dalam memulai usaha dan mengembangkannya.
6.      Faktor Pembiayaan
Faktor terkait pembiayaan jadi salah satu poin penting dalam perencanaan bisnis. Buat informasi keuangan yang cermat dan rinci terkait sumber serta pengelolaan anggaran. Anda wajib membuat informasi keuangan dari awal usaha hingga masa depan. Termasuk laporan keuangan, kas tahunan dan pencapaian yang diinginkan terkait keuangan.
7.       Ringkasan Bisnis
Langkah terakhir ialah ringkasan yang berisi kesimpulan dari perencanaan bisnis Anda. Agar berjalan dengan lancar, Anda bisa mencantumkan jadwal waktu pada tiap langkah di atas. Membuat perkiraan waktu sangat efektif mendukung hal penting dalam aktifitas memulai usaha.
Untuk investor, susunlah perencanaan bisnis Anda dengan baik dan tepat agar nyaman dibaca dan mudah dipahami. Bagian ringkasan biasanya cukup dalam 1 atau 2 halaman saja.
Pada hakekatnya rencana bisnis disusun untuk jadi kerangka acuan operasional bisnis dan mendorong rencana masa depan secara efisien. Rencana bisnis juga bisa jadi jalan dalam menyusun strategi jitu mencapai tujuan yang diharapkan. Namun penyusunan juga harus dikaji agar penerapannya berjalan dengan baik.

Proposal Bisnis Kentang Puter


Peluang usaha rumahan yang cukup Booming dan menjanjikan dibidang kuliner berupa Kentang Spiral Goreng Renyah.

Perencanaan Produksi
1. PAKET REGULER Rp. 1.800.000 Sudah Termasuk: 

a. Pisau Ulir Standar
b. Pengorengan Stainless
c. Bumbu 1kg Terdiri Dari 4 Rasa
d. Tusukan Khusus Kentang Sebanyak 300pcs


2. PAKET MEDIUM Rp. 4.000.000 Sudah Termasuk: 

a. Pisau Ulir Ultima ( Dudukan Stainless + Pipa 3mm ) 
b. Pengorengan Stainless Steel 
c. Dudukan Kompor High Pressure
d. Kompor High Pressure
e. Tabung Gas + Regulator
f.  Roll Banner
g.- 
h. Ember
i. Nampan
j. Tempat Bumbu
k. Jepitan Untuk Penggoreng
l. Bumbu2 4kg
m. Tusukan-nya 500pcs
n. Minyak Kelapa 1 Jerigen/ 5 ltr
o. Kentang Kualitas Tinggi 10 kg

3. PAKET FANTASTIQUE Rp.6000.000 Sudah Termasuk: 

1. Pisau Ulir Ultima ( Dudukan Stainless + Pipa 3mm ) 
2. Pengorengan Stainless steel 
3. Gerobak Untuk Jualan Keliling [ HANYA DIBUAT SETELAH ADA PEMESANAN] 
4. -
5. Roll Banner
6. Kompor High Pressure
7. Tabung Gas + Regulator
8. Ember
9. Nampan
10. Tempat Bumbu
11. Jepitan Untuk Penggoreng
12. Bumbu2 4kg
13. Tusukan-nya 500pcs
14. Minyak Kelapa 1 Jerigen/ 5 ltr
15. Kentang 10 kg

A. Bumbu Kering { 35rb/ kg} Rasa: 
Ayam Bawang
Cheese Seasoning
Sambal Balado
BBQ ( Barbeque) 
Ayam Bakar
Sapi Panggang

B. Bumbu basah ( FLA) 35rb/ kg
- Saos Pedas/ Tomat 40rb/ kg
- Mayonaise 40rb/ kg

C. Kayu Tusuk
- Tusukan Kayu 45cm 20.000/ pcs ( isi 100 tusuk) 
- Tusukan Kayu 35cm 18.000/ pcs ( isi 100 tusuk) 

Perencaan Modal

Penjualan persatu buah kentang spiral goreng renyah ialah Rp. 3000 – Rp. 5000. Harga kentang kualitas bagus per kg adalah Rp. 6500 isi 5 s/ d 7 buah.

Contoh 1: 7 X 3000 = Rp. 21.000 Selisih laba 14.500/ kg
Contoh 2: 7 X 5000 = Rp. 35.000 Selisih laba 28.500/ kg

Keuntungan Bersih Anda dalam setiap penjualan 7 buah ( 1 kg) Kentang Spiral Goreng Renyah adalah Rp. 14.500 s/ d 28.500 ( dari modal kentang 6500/ kg) . Bila Anda mampu menjual lebih dari itu maka otomatis omzet Anda bertambah. Rata-rata penjualan para reseller kami ialah 500 s/ d 1000 buah/ minggu ( tergantung lokasi penjualan dan durasi waktu berjualan) . Maka kurang lebih keuntungan yang didapat ialah: 
500 X 3000 = 1.500.000/ minggu - atau Rp. 6.000.000/ bulan - kotor
500 X 5000 = 2.500.000/ minggu - atau Rp. 10.000.000/ bulan - kotor
1000 X 3000 = 3.000.000/ minggu - atau 12.000.000, bulan - kotor
1000 X 5000 = 5.000.000/ minggu atau 20.000.000/ bulan - kotor
Ilustrasi tersebut adalah perhitungan keuntungan dari 1 ( satu) Booth per minggunya. Untuk mendapatkan keuntungan lebih Maka Anda baiknya memiliki Booth ( Lapak) dagangan yang lebih dari 1 ( satu) .





Sumber :

http://kentangputer.blogspot.co.id/2013/01/proposal-bisnis-kentang-puter.html
http://technopreneurcamp.blogspot.co.id/2013/04/perencanaan-bisnis.html
https://blog.angpao.id/menyusun-perencanaan-bisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar